Pengertian fungsi logika pada Microsoft excel

Pengertian fungsi logika pada Microsoft excel

pengertian fungsi logika pada microsoft excel
contoh penggunaan fungsi logika
Kali ini kita akan bahas pengertian fungsi logika pada program aplikasi Microsoft excel dan cara penggunannya, selain itu juga kami berikan kode-kode fungsi logika tersebut. sebelumnya sudah kami singgung pada artikel istilah fungsi-fungsipada program aplikasi Microsoft excel yaitu di antaranya kami terangkan bahwasannya sebuah fungsi pada program aplikasi microsoft excel itu ada dua macam yaitu fungsi statistik dan fungsi logika, untuk fungsi statistik sudah kami bahas pada artikel sebelumnya sekarang kita akan bahas fungsi logika ok langsung saja:

Fungsi logika adalah suatu fungsi untuk di gunakan mencari suatu nilai di dalam kondisi yang ada hanyalah benar (true) atau salah (false) adapun  kode-kodfungsi logika tersebut adalah sebagai berikut
  1. IF : Mengandung pengertian “JIKA” artinya jika pernyataan benar maka perintah pertama yang di laksanakan, jika salah maka perintah kedua yang akan di laksanakan.
  2. AND : bernilai benar jika semua pernyataan benar
  3. OR : bernilai benar jika salah satu atau semua pernyataan adalah benar
  4. NOT : merupakan kebalikan dari nilai pernyataan yang ada, jika pernyataan bernilai benar maka fungsi NOT akan membuatnya menjadi salah sebaliknya jika pernyataan bernilai salah maka fungsi not akan membuatnya menjadi benar.
Adapun bentuk umum penggunaan atau penulisan fungsi logika tersebut adalah sebagai berikut:
  • =AND (Pernyataan 1, pernyataan 2,….)
  • =OR (Pernyataan 1, pernyataan 2,….)
  • =NOT (Pernyataan)
  • =IF (Pernyataan, perintah 1, perintah 2,….)
Dalam menjalankan fungsi logika ini juga membutuhkan operator relasi sebagai pembanding, operator relasi tersebut adalah:
  • > : Lebih besar dari
  • < : Lebih kecil dari
  • > = : Lebih kecil sama dengan
  • = : Sama dengan
  • < > : Tidak sama dengan
Ok demikianlah tentang pengertian fungsi logika beserta kode-kodenya, dan dapatkan tutorial menarik lainnya pada posting selanjutnya seperti contoh penggunaan fungsi logika tersebut di atas yang insyallah akan kami posting pad artikel berikutnya. Semoga bermanfaat. Salam..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian fungsi logika pada Microsoft excel"

Post a Comment

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar