Pengertian hardware software brainware dan contohnya



Pengertian hardware software brainware dan contohnya, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites.blogspot.com kali ini akan saya bagikan materi seputar Komputer tepatnya Pengertian tentang hardware, software, dan brainware serta contohnya, apa itu hardware? apa itu software? dan apa itu brainware? semua akan kami jelaskan secara sederhana agar lebih mudah di paham khususnya bagi pemula yang ingin mendalami tentang ilmu komputer karena materi ini terbilang pelajaran dasar seputar komputer/laptope beserta komponen-komponennya. baiklah langsung saja demikianlah yang di maksuda dengan hardware, software, brainware dan contohnya:

Pengertian Hardware, Software serta Brainware

Jika secara sederhana bisa kami sebut Hardware yaitu sebuah Perangkat Keras, Software sebagai Perangkat Lunak, dan Brainware penggunanya (orangnya), jadi komputer yang kita gunakan tidak akan berfungsi sama sekali tanpa ketiga komponen-komponen tersebut. namun sepertinya perlu juga saya ulas sedikit mendalam tentang ketiga hal tersebut, baiklah demikianlah uraiannya:
Hardware (Perangkat Keras)

Pengertian hardware software brainware dan contohnya

1. Hardware (Perangkat Keras) adalah salah satu komponen yang ada pada komputer yang bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. adapun contoh dari Hardware ini di antaranya adalah:
  1. Perangkat Input (Masukan) : Yaitu sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) data dari pengguna yang akan diproses oleh komputer/laptop. seperti contoh : Keyboard, Mouse, scanner, Microphone, touchpad, light pen, barcode, joystick dan lain sebagainya.
  2. Perangkat Proses : yaitu sebuah Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. seperti contoh Processor.
  3. Perangkat Output (Keluaran) : yaitu sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan dari komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. seperti contoh : Monitor, Speaker, printer, proyektor, plotter dan lain sebagainya.

2. Software (Perangkat Lunak) : yaitu kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan sebuah perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :
  1. Sistem Operasi (OS) : yaitu sebuah Software yang memang ada sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : OS Windows, Linux dan Mac OS.
  2. Software Aplikasi : Software yang ini berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan si pengguna. seperti contoh : Microsoft Office, excel, Libre Office dan lain sebagainya.

3. Brainware (Pengguna) : Yaitu Manusia itu sendiri yang menggunakan atau mengoperasikan komputer/laptop, Tanpa adanya brainware/manusia, komputer tidak bisa dijalankan sama sekali. Maka, peran brainware sangatlah penting sehingga komputer akan bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya. contohnya ya kamu.. ;)


Demikianlah sharing kami kali ini tentang Pengertian hardware software dan brainware beserta contohnya, semoga bermanfaat sampai jumpa salam. silahkan anda simak materi menarik lainnya seputar komputer/laptope Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian hardware software brainware dan contohnya"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top