Penjelasan Bitcoin dan dan cara mendapatkannya



Penjelasan Bitcoin dan dan cara mendapatkannya, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites.blogspot.com kali ini sedikit saya geser pembahasannya ke bitcoin, barangkali dari pemirsa ada yang penasaran tentang eksistensi bitcoin ini, apa itu bitcoin, bagaimana cara mendapatkannya, jujur semua atas pengalamanku yang baru mulai ini, dan sekalian akan saya simpan perjalananku berburu bitcoin mulai dari awal, seperti halnya saya menyimpan jejak selama ngeblog dan bisa berhasil gajian dari google. harapan saya juga gitu bisa merasakan seperti apa rasa bitcoin ;) heh.

Penjelasan Bitcoin dan dan cara mendapatkannya

Apa sih bitcoin itu?

Hehe, Pertanyaan yang sering terungkap bagi para pemikir kritis yang sifatnya penasaran dan ingin mengetahui secara detail, seperti saya dulu, sebelum melangkah maka saya ubek-ubek thu internet tidak hanya 1-2 blog saja bahkan puluhan sebagai perbandingan, cara penjelasannya pun beda-beda sehingga saya memilki cukup pengetahuan tentang apa itu bitcoin yang lagi ramai ini.

Bitcoin adalah cryptocurrency yaitu mata uang virtual digital yang ditemukan oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Mata uang baru jenis Bitcoin ini seperti halnya mata uang rupiah atau dollar yang sering kita gunakan, menariknya hanya bisa dimanfaatkan di dunia digital. Cara kerjanya mirip dengan eGold yang sering kita dengar, namun tetap banyak perbedaan yang perlu kita ketahui lebih dalam.

Kalian yang sering ngonline, sering ngeblog di tahun 2014 san kemungkinan tahu juga harga bitcoin dulu berapa? yaitu hanya Rp 10.000/btc, tidak lebih 1 dollar kan? dan sekarang kita lihat perjananan harga bitcoin atau btc, tidak ribuan lagi namun jutaan, pada saat ini kurang lebih 35.000.000 (tiga puluh lima juta rupiah), silahkan kalian bayangkan sendiri betapa cepatnya harga bitcoin yang meroket tajam, kira-kira karena apa ya? Dan berikut terahir saya lihat harga bitcoin di dasbord bitcoin.co.id

Penjelasan Bitcoin dan dan cara mendapatkannya

Yuk kita bahas, di dunia perbankan, investasi, transaksi dan lain sebagainya ternyata banyak juga keluhan pengguna mulai dari rawan hacker, biaya administrasi, dan harga saham yang terus bergejolak, semua karena melihat situasi dan kondisi stabilitas negara itu juga, semakin banyak konflik, perang, baik perang fisik maupun cyber maka semakin bergejolak harga saham, dan apa yang terjadi,.? para investor agak merinding, kira-kira seperti itu. sepertinya membuat para orang-orang yang beruang ingin mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan. perubahan iklim stabilitas keuangan inilah yang menurut saya membuat Bitcoin menjadi meroket.

Lalu apa hubungannya dengan bitcoin? ternyata mata uang virtual yang bernama bitcoin ini unik, aneh dan tentunya hebat, ada beberapa keunikan mata uang ini yang tidak di miliki oleh mata uang fisik seperti rupiah/dollar, yaitu :

Mata uang Bitcoin tidak dikenal dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah. Salah satu keuntungannya adalah para pengguna Bitcoin dapat berbelanja tanpa mengungkapkan identitas mereka, hal ini ternyata di manfaatkan oleh para hacker

Kalian tentu menyaksikan berita-berita di televisi di Liputan6.com dan berita-berita online lainnya yang ramai membicarakan tentang hacker si penyebar virus malware Ransomware WannaCry ini, yang telah menyerang lebih dari 200 ribu komputer di seluruh dunia. dengan virus Malware ini mereka bisa mengunci / mengenkripsi data, sehingga data tersebut tidak terdeskripsi karena terenskripsi (tidak dapat diakses). dan apa yang di inginkan oleh Hacker Ransomware WannaCry ini? apakah rupiah, apakah dollar, apakah poundsterling?

haha ternyata meminta tebusan dalam bentuk Bitcoin, senilai US$300. artinya jika sang pemilik komputer/koban yang terjangkit virus mallware wannacry ini menginginkan datanya dikembalikan maka si pemilik diharuskan menebus US $300 dalam bentuk Bitcoin, tinggal kita kurskan saja US$ 300 (US$ 1 = Rp 13.000 ) berarti sekitar Rp 3,9 juta Untuk 1 komputer. Dan kabarnya hingga hari ini, WannaCry ini sudah menyandera 200.000 komputer di lebih dari 100 negara. Bisa kalian bayangkan betapa kaya rayanya si penyebar virus ini nantinya ;). dan untuk saat ini menurut informasi yang telah saya baca tebusan telah mencapai 700 jutaan. sungguh fantastik.

Kelebihan Bitcoin dari pada uang fisik

1. Transaksi Bitcoin bisa anonym

Ya, berbeda dengan perbankan jika melakukan transaksi pasti terindikasi dengan identitas baik si pengirim maupun si penerima, dan inilah efek buruknya dari mata uang virtual bitcoin ini yaitu digunakan untuk kejahatan


2. Tanpa biaya administrasi

Bisa jadi gratis, hanya bermodalkan komputer/android yang tersambung ke internet transaksi menggunakan bitcoin tanpa ada biaya administrasi, jika ada hanya sedikit berbeda dengan perbankan yang mana jika antar bank sekian dan jika lain bank lebih dari itu.


3. Tanpa khawatir di curi/rampok

Karena selain bitcoin adalah sebuah harapan mata uang masa depan misi bitcoin ini adalah keamanan yang super ketat, jauh dan sulit atau bahkan tidak bisa di jebol, dengan sistem peer to peer disentarlisasi berarti jika ada para otak hacker maka harus berhadapan dengan system jaringan yang saling mengikat.

Walaupun banyak kelebihan dari mata uang virtual digital seperti bitcoin ini maka kita juga harus berhati-hati jika ingin bermain dengan bitcoin, jangan asal beli dan jual karena pada bitcoin masih berlaku Fluktuasi artinya adanya ketidak tetapan atau guncangan, sebagai contoh terhadap harga barang dan sebagainya, atas segala hal yang bisa dilihat di dalam sebuah grafik. Fluktuasi dapat merujuk kepada: Quantum fluktuasi yang timbul dari prinsip ketidakpastian. jadi perjalanan waktu harga bitcoin tidak pasti layaknya emas juga.

4. Aman dari Pemalsuan

berbeda dengan mata uang konvensional lainnya, aturan kriptografi yang di terapkan pada  mata uang virtual bitcoin ini akan terhindar dari tindak pemalsuan.

5. Mata uang global

Berbeda dengan mata uang konvensional lainnya yang bersifat terbatas dalam tukar mata uang, namun bitcoin bisa saja di terima di belahan negara dunia yang bahkan yang belum meresmikan seperti indonesia ini. sebagai pengguna bitcoin bisa saja bertransaksi dengan bitcoin antar benua dengan mudah.

Walaupun ada banyak kelebihan dari mata uang virtual bitcoin, tentunya juga terdapat kelemahan di antaranya adalah:

1. Harga Tidak Stabil

Seperti yang telah saya singgung di atas, untuk berhati-hati juga dengan mata uang virtual Bitcoin ini, karena bitcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. untuk saat ini penggunaan bitcoin masih terbatas ada beberapa perusahaan yang telah menerima keberadaannya namun banyak juga belum bisa menerima mata uang ini, sehingga penawaran dan pembelian kita menjadi terbatas dengan produk-produk tertentu dengan bitcoin sebagai alat pembayarannya.

2. Sangat berisiko hilang atau dicuri

Hal ini bisa saja terjadi mengingat para hacker semakin cerdas saja, Sebagai mata uang virtual, bitcoin disimpan dalam bentuk file digital yang dikenal dengan wallet file. pada penggunaannya, wallet file mirp dengan fungsi dompet penyimpan uang tunai. sehingga wallet file yang disimpan di dalam hard masih rentan terjadinya kerusakan. virus juga menjadi sebuah pengendala yang menyerang hard disk yang bisa saja wallaet yang tersimpan akan hilang.

Ternyata Para hacker juga tergiur dengan keberadaan mata uang bitcoin ini sehingga membuat mereka berupaya meretas dompet digital tersebut dan dicuri melalui virus malware. risiko lain bisa juga terjadi seperti karena isi hardisk pemilik bitcoin terhapus sengaja maupun tanpa sengaja. dan jika kita telah kehilangan dompet bitcoin kemana hendak kita melapor.?

Selain itu, orang-orang yang memiliki keahlian di bidang komputerisasi berpotensi mencuri uang-uang tersebut.

3. Alat pencucian uang

Seperti yang saya singgung sedikit tentang keberadaan mata uang jenis criptocurrency seperti bitcoin ini yang belum juga di resmikan oleh negara Indonesia, walaupun telah banyak penggunanya, namun penggunaan mata uang bitcoin tetap tidak dikontrol pemerintah atau lembaga keuangan yang berwenang. sehingga keadaan ini berkemungkinan ada peluang besar untuk di jadikan tindakan kriminal seperti pencucian uang dan penghindaran pajak.

Belum lama ini juga kita terdengar bahwa adanya pembelian obat-obatan terlarang dari luar negeri yang mana mata uang yang di gunakan adalah mata uang bitcoin karena sifatnya yang anony membuat mereka terjaga identitasnya berbeda dengan transaksi di bank, sehingga hal ini menjadi alasan bahwa bisa saja bitcoin di jadikan sebagai alat perantara kejahatan. Demikian tadi tentang kelebihan dan kelemahan dari mata uang bitcoin.

Dan jika kalian ingin mendapatkan bitcoin dalam posisi mahal seperti ini yang cocok adalah dengan cara minning atau menambang pada layanan-layan gratis karena lumayan banyak. Karena pada dasarnya untuk mendapatkan bitcoin ini ada 3 cara yaitu:


  1. Pasar Bitcoin (Trade Exchange) Trade exchange ini berarti kita bisa melakukan jual-beli bitcoin, jadi cara pertama untuk mendaptakan bitcoin adalah dengan cara Membeli, lalu apakah kita mampu untuk membeli bitcoin saat ini jika harganya saja sekitar 35.000.000/bitcoin, ;). Perlu kita pikirkan secara matang dan sepertiny kurag cocok juga jika ingin membeli bitcoin dengan harga yang sedang melambung. jadi saat ini kurang tepat jika kita akan membeli dan tunggu jika nanti turun, dan setelah membeli berharap harga naik lagi, hehhe.
  2. Minning/menambang. Cara ini bisa kalian lakukan dengan menyediakan komputer yang luamayan berkelas dan canggih, Anda dapat menambang Bitcoin. Setiap kali Anda berhasil menyelesaikan soal matematika untuk memproses transaksi Bitcoin, Anda akan secara otomatis dihadiahi Bitcoin oleh sistem. untuk lebih jelasnya tentang menambang bitcoin bisa kalian simak disini.
  3. Faucet/mencari penyedia, Ada beberapa situs yang membagikan Bitcoin secara gratis dengan persyaratan tertentu misalnya dengan menonton iklan, memainkan game, dll. Untuk info lebih lanjut, kunjungi forum cryptocurrency terbesar di Indonesia: Forumbitcoin.co.id.


Untuk panduan lengkapnya silahkan kalian simak pada post berikutnya, salam. Silahkan kamu simak juga Cara membuat rekening/wallet Bitcoin

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Penjelasan Bitcoin dan dan cara mendapatkannya"

Mantap,, jelas sekali pembahasannya.. ijin nitip cendol ya kang 😁

Padet banget penjelasannya.. Mantap mas.. Thank for sharing

Wulan Sekar. Alhamdulillah jika bermanfaat, semua sesuai pengalaman yang belum lama ini ;).

Ok terima kasih atas cendolnya wkwkwk..

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top